Mudahnya Cara Konfigurasi dan Setting IP Address di Linux Debian Server


Internet Protocol Address atau sering disingkat IP adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (Untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. Kemudian untuk sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yaitu IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6).

IP Addressing

Kali ini saya akan menampilkan bagaimana cara konfigurasi alamat IP di Debian. Saya menggunakan Debian 5 secara virtual di VirtualBox. Perlu kita ketahui juga, konfigurasi ini adalah langkah paling awal jika ingin menghubungkan atau membuat jaringan.

Baca: Cara Membuat Plugin di WordPress.

Pertama, anda buka Debian anda, masuklah sebagai superuser. Karena demikian, pengguna biasa tak akan dapat melakukan konfigurasi IP address ini. File konfigurasi IP Debian terletak di /etc/network/interfaces, maka kita harus mengedit file tersebut dengan perintah nano.

root@Router:~# nano /etc/network/interfaces

Bisa dilihat pada gambar:

Edit Network Interfaces

Tekan enter, maka file tadi akan muncul. Tugas kalian sekarang adalah mengeditnya sesuai subnetting yang telah dibuat sebelumnya. Sebaiknya, IP yang digunakan adalah sesuai dengan kebutuhan banyaknya komputer yang akan dihubungkan dengan server. Konfigurasi dalam file ini meliputi IP address, network, netmask, broadcast. Bisa juga ditambah gateway. Tentunya jika kalian akan melakukan konfigurasi ini sudah paham tentang subnetting IP bukan?

Setting Network Interfaces

Jika IP telah dimasukkan dengan benar, maka sebenarnya konfigurasi kita telah selesai. Tapi sebelumnya diperlukan restart dahulu, juga untuk mengetahui apakah konfigurasi kita sudah benar atau belum. Gunakan perintah restart.

service networking restart

Atau bisa menggunakan:

/etc/init.d/networking restart 

Jika konfigurasi benar, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Konfigurasi IP Address Berhasil

Jika diperlukan, kita juga bisa mengecek settingan IP kita dengan perintah ifconfig. Atau dengan cara komputer Debian kita hubungkan dengan Windows, lalu koneksikan. Lakukan ping IP anda melalui CMD. Jika konfigurasi IP berhasil, maka server akan merespon.

Cek Konfigurasi IP


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *